Saturday, September 5, 2015

IS Bakar Hidup-hidup 4 Milisi Syiah





Militan ISIS pekan ini merilis video yang memperlihatkan eksekusi pembakaran empat milisi Syiah Irak pada Senin (31/8). Dalam video tersebut, ISIS menyatakan eksekusi pembakaran ini merupakan pembalasan atas aksi pembakaran warga Muslim Sunni sebelumnya oleh pasukan pemerintah yang bersekutu dengan Syiah.



Dikutip dari kantor berita Xinhua, dalam video terbaru ISIS ini, para korban mengaku sebagai anggota Hashd Shaabi, sebuah kelompok milisi Syiah yang juga dikenal dengan nama Populer Mobilization Forces.



Dalam video itu, tangan dan kaki para korban diikat rantai sebelum mereka digantung di besi. Video yang berdurasi selama sekitar lima menit itu disertai dengan sebuah adegan yang memperlihatkan pria Sunni menggantung milisi Syiah itu di atas api.



Video itu memperlihatkan seorang anggota ISIS militan bertopeng yang menyebutkan bahwa pembakaran itu merupakan respon ISIS atas aksi pembakaran yang dilakukan milisi Syiah sebelumnya terhadap warga Sunni di dekat kota Garma yang dikuasai ISIS, di timur kota Fallujah, sekitar 50 km sebelah barat kota Baghdad, Irak.



Selain itu, militan ISIS tersebut juga menyebutkan mereka membalaskan dendam untuk aksi pembakaran tiga warga Sunni di provinsi Diyala, sebelah timur Irak.



"Hari ini, pembalasan telah datang. Kami menyakiti mereka seperti mereka menyakiti perasaan kami, dan menghukum mereka karena mereka menghukum kami," kata pria militan bertopeng dalam video yang tidak mengungkapkan lokasi pembakaran.



Meski demikian, para milisi Syiah sendiri menyatakan dalam rekaman video tersebut bahwa mereka ditangkap oleh militan ISIS dalam operasi di daerah Nekheib, yang berjarak 400 km sebelah selatan Ramadi, ibu kota provinsi Anbar, Irak barat.

No comments:

Post a Comment