Saturday, September 5, 2015

Pilot Militer AU Belanda Gabung ISIS





Kementerian Pertahanan Belanda menyatakan, seorang pilot Angkatan Udara Kerajaan Belanda berpangkat Sersan, diyakini telah bergabung dengan kelompok ISIS.



Kementerian Pertahanan Belanda juga menyatakan, Kejaksaan Belanda telah melakukan penyelidikan terhadap hal itu terkait kemungkinan adanya risiko menyangkut rahasia militer negara itu.



Pemerintah Belanda juga telah mematikan semua akses informasi dan akses ke sistem militer yang kemungkinan masih bisa digunakan oleh pilot berusia 26 tahun itu. Kendati begitu, pemerintah Belanda belum mengungkapkan identitas dari sang pilot yang membelot tersebut.



"Tak perlu disanksikan lagi, jika bepergian ke luar negeri dan bergabung dengan ISIS tidak dapat diterima dan harus dihukum," kata Menteri Pertahanan Jeanine Hennis Plasschaert, seperti dikutip dari CNN, Jumat (4/9/2015).



Belanda sendiri merupakan bagian dari koalisi pimpinan Amerika Serikat (AS) melawan ISIS di Irak dan Suriah.



"Setiap kasus radikalisasi walaupun hanya satu, kami anggap sudah terlalu banyak. Ini sangat mengecewakan jika seseorang memilih bergabung dengan kekuatan jahat, sementara rekan-rekannya mempertaruhkan nyawa untuk kebebasan orang lain," tambahnya.



CNN

No comments:

Post a Comment