Monday, July 27, 2015

Terobos Masjid Aqsa, Pemuda Palestina dan Polisi Israel Baku Hantam [FOTO]

Pemuda Palestina dan polisi Israel terlibat bentrokan di area masjid Al-Aqsa pada Minggu (26/7), bertepatan dengan hari berkabung umat Yahudi dalam rangka mengenang hancurnya dua tempat ibadah mereka.



Tidak ada korban yang mengalami cedera serius dalam insiden di situs suci kota tua Yerusalem ini, yang menjadi lokasi tempat ibadah paling penting ketiga bagi umat Islam serta tempat suci bagi umat Yahudi.



Kekerasan di situs tersebut telah berkobar sejak tahun lalu karena warga Palestina gusar akan kunjungan non-Muslim, termasuk ultranasionalis Yahudi.



Polisi menggunakan granat kejut untuk mendorong demonstran kembali ke masjid dan melangkah masuk ke pintu masuk masjid untuk menutup pintu utama.



Ultranasionalis Yahudi telah mendorong pemerintah Israel untuk memungkinkan warga Yahudi berdoa di kompleks di luar Al-Aqsa, yang berlokasi di atas Tembok Barat.



Namun ibadah di lokasi tersebut dianggap bisa membangkitkan kemarahan uat Muslim, dan telah dilarang oleh Israel sejak merebut Yerusalem Timur pada perang Timur Tengah 1967.



Setelah kekerasan hari Minggu berakhir, sebuah sayap kanan menteri kabinet Israel mengunjungi kompleks kota tua untuk memperingati Tisha B'Av, ketika orang-orang Yahudi meratapi kehancuran kuil mereka.



Israel menganggap seluruh Yerusalem sebagai ibu kota abadi dan tak terpisahkan mereka, klaim yang tidak diakui secara internasional.