Sunday, August 30, 2015

TNI Tembak Mati Dua Warga Sipil di Mimika Papua





Anggota TNI AD menembak mati masyarakat sipil di Timika, Papua, Jumat dini hari tadi, 28 Agustus. Selain dua warga tertembak, tiga lainnya luka-luka.



Dua warga sipil di Mimika, Papua, tewas ditembak oknum anggota TNI, Jumat (28/8/2015) dini hari. Tak terima rekannya tewas ditembak, warga pun menggeruduk Kantor Sub Denpom Mimika, Jumat siang.



“Betul, ada kejadian itu,” ujar Kepala Dinas Penerangan TNI AD Brigjen Wuryanto, Jumat, lansir Rappler.



Dua warga yang tewas itu adalah  Yulianus Okoware dan Imanuel Marimau. Sementara, seorang warga lainnya yakni Marinus Apokapo masih dalam perawatan khusus di RSUD Mimika.



Dari keterangan warga setempat, kejadian ini bermula saat dua oknum anggota TNI dari Kodim Mimika melintas di Jalan Bhayangkara, Distrik Mimika Baru, Kabupaten Mimika.



Di saat yang sama, warga sedang mempersiapkan acara syukuran di gereja yang ada di jalan tersebut, sehingga jalan diberi tanda batas.



Karena menganggap lalu lalang kendaraan yang digunakan anggota TNI mengganggu, beberapa pemuda di lokasi itu menghentikan mereka.Tak terima dihentikan, terjadilah cekcok dan berujung baku pukul.



Setelah pergi, dua oknum anggota TNI tersebut kembali ke lokasi dengan membawa teman-teman anggota lainnya lengkap dengan senjata laras panjang. Sehingga, terjadilah aksi saling serang. Oknum anggota TNI dilaporkan melepaskan tembakan ke arah warga di sekitar tempat kejadian tersebut.



Karena tidak terima aksi main tembak oknum TNI dari Kodim Mimika, puluhan warga Kampung Koperapoka mendatangi Kantor Sub Denpom Mimika, tempat dua pelaku penembakan diamankan sambil membawa jenazah korban.



Situasi sempat memanas. Namun, akhirnya bisa diredam setelah Kapolda Papua Brigjen Paulus Waterpauw mendatangi keluarga korban dan terus berupaya melakukan pendekatan dan negosiasi. Jenazah korban pun akhirnya dibawa ke gereja. SINDO