Monday, July 27, 2015

Turki Gempur 2 Musuh sekaligus, ISIS dan PKK Kurdi





Sejumlah pesawat Angkatan Udara Turki melancarkan gempuran terhadap berbagai lokasi wilayah Daulah Islam (ISIS) di Suriah serta milisi Kurdi di bagian utara Irak.



Sebagaimana dikemukakan pemerintah Turki, angkatan udara telah membombardir bunker-bunker, fasilitas penyimpanan, dan titik logistik kelompok Partai Pekerja Kurdistan (PKK) di pegunungan Qandil yang merupakan lokasi komando PKK.



Namun, tidak dijelaskan secara rinci apa yang telah diserang angkatan udara Turki di Suriah.



Kepada kantor berita AFP, juru bicara PKK di Irak, Bakhtiar Dogan, membenarkan pesawat tempur Turki menyerang posisi pihaknya dekat perbatasan diikuti dengan tembakan artileri berat.



Serangan terhadap PKK ialah aksi yang pertama sejak gencatan senjata pada 2013. Kelompok tersebut telah memerangi Turki demi berdirinya negara merdeka untuk kaum Kurdi.



Militer Turki menguatkan pengamanan di sepanjang perbatasan dengan Suriah.



Adapun serangan terhadap ISIS ialah yang kedua sejak ISIS mulai mengendalikan sejumlah wilayah di Irak dan Suriah pada 2013.



“Ini adalah proses. (Serangan) tidak terbatas pada satu hari atau sati kawasan. Gerakan sekecil apapun yang mengancam Turki akan dibalas dengan cara sekeras mungkin,” kata Perdana Menteri Turki Ahmet Davutoglu.



Dia menambahkan, Turki siap mengirim pasukan yang menyeberangi perbatasan ke Suriah ‘jika diperlukan’.



Pada Kamis (23/07), tank-tank Turki telah melepas tembakan ke kawasan Suriah demi menyasar ISIS.



Turki juga dikabarkan telah sepakat untuk mengijinkan militer Amerika Serikat menggunakan Pangkalan Udara Incirlik, dekat perbatasan Suriah.