Thursday, July 30, 2015

Nahloh! Kapolda Papua Juga Dicopot





Kepala kepolisian daerah (Kapolda) Papua, Irjen Yotje Mende dicopot. Posisi Yotje akan diisi oleh Kapolda Papua Barat, Brigjen Pol Paulus Waterpaw.



Pencopotan itu tertuang dalam Telegram Rahasia (TR) Kapolri Nomor ST/195/VII/2015, tertanggal 30 Juli 2015.



Ternyata, Kepala Polda Papua Irjen Yotje Mende akan dimutasi sebagai Perwira Tinggi Pelayanan Markas Mabes Polri dalam rangka pensiun. Sedangkan jabatan yang akan ditinggalkan Paulus nantinya diisi oleh Brigjen Pol Royke Lumowa.



Jabatan Royke saat ini adalah salah satu Asisten Deputi Koordinasi Penanganan Daerah Konflik dan Kontigensi di Kementerian Koordinator Politik Hukum dan Keamanan.



Kepala Bagian Penerangan Umum Divisi Humas Polri Kombes Suharsono membenarkan informasi mutasi kedua Kapolda tersebut. Serah terima jabatan akan dilakukan pada menyusul. Surat telegram Kapolri ini ditandatangani SDM Polri Irjen Sabar Rahardjo.



"Betul, besok sesuai rencana akan ada acara serah terima jabatan mereka di Rupatama, Mabes Polri," ujar Suharsono.



Soal penggantian ini memang banyak diprediksi. Disinyalir mutasi jabatan Kapolda tersebut terkait insiden pembakaran Masjid, di Tolikara, Papua, Jumat (17/7/2015).



Tapi, dalam surat keterangan telegram Kapolri disebutkan kalau penggantian dalam rangka pensiun. Yotjen memang akan pensiun tahun ini dan dia juga tengah melamar Capim KPK.



Hingga berita ini diturunkan belum ada keterangan dari sumber resmi Mabes Polri.