Thursday, July 30, 2015

Jokowi dijadwalkan Bertemu Erdogan





Presiden Turki Tayyip Erdogan sedang melakukan kunjungan kenegaraan ke sejumlah negara sahabat. Setelah mendatangi Republik Rakyat China sebagai negara tujuan pertama, Erdogan akan melanjutkan kunjungan kenegaraan ke Indonesia.



Kementerian Luar Negeri RI menyampaikan Erdogan akan tiba di Tanah Air pada Kamis (30/7) malam. Kemudian pada Jumat esok, ia dijadwalkan akan melakukan pertemuan dengan Presiden Joko Widodo di Istana Kepresidenan.



Menurut juru bicara Kemlu RI, Arrmanatha Nasir, pertemuan kedua kepala negara ini diperkirakan akan membahas soal penguatan hubungan bilateral, termasuk kerja sama di bidang ekonomi dan budaya.



"Turki adalah mitra strategis Indonesia. Hubungan diplomatik kedua negara sudah berjalan 65 tahun sejak 1950," ujar juru bicara Kemenlu RI, Arrmanatha Nasir di Jakarta, Kamis (30/7).



Berdasarkan data Kemlu RI, hubungan perdagangan Indonesia dan Turki pada 2014 tercatat mencapai hampir US$25 miliar. Turki kerap mengimpor karet alam, serat sintetis, kelapa sawit, sepatu dan sandal dari Indonesia. Sebaliknya, Indonesia mengimpor tepung terigu dan produk listrik dari Turki.



"Sejauh ini hubungan perdagangan Indonesia dengan Turki mengalami surplus bagi Indonesia, angkanya mencapai US$14 juta," ujar Tata, sapaan akrab Arrmanatha. CNN