Wednesday, July 29, 2015

FOTO: Beginilah jadinya Kalau Bendera Indonesia Dicorat-coret





Foto-foto bendera Merah Putih dicoret-coret oleh sejumlah pendaki gunung beredar di sosial media facebook. Mereka mencoret-coret lambang negara dengan tinta hitam, bahkan dibiarkan begitu saja tergeletak di atas tanah.



"Buat yang belum tahu, bendera merah putih enggak boleh tuh dicoret-coret ataupun di letakkan begitu di tanah," demikian dikutip dari Fanpage Jelajah Gunung Nusantara, Rabu (29/7).



Foto-foto tersebut berasal dari Prince Phonsel. Dalam tulisannya, dia mengaku menemukan bendera tersebut sudah terjatuh di puncak Gunung Talang, Solok, Sumatera Barat. Tak hanya itu, ia juga berupaya mencari lokasi agar bendera tersebut berkibar kembali.



"Apakah ini rasa nasionalisme pemuda sekarang," tulisnya.







Dia dan kedua rekannya mengaku ingin mengibarkan bendera tersebut. Namun, besi penyangga sudah patah dan tidak ada tali untuk dapat mengibarkannya kembali.



"Ingat gimana bendera itu bisa berkibar dari sebelum merdeka, dan ingat jasa orang yang sudah menancapkan bendera agar kamu tahu di mana top gunung itu sendiri."



Meski begitu, tak sedikit yang mendukung maupun mengecam tindakannya tersebut. Ada yang membela karena penulis merupakan sosok yang ingin menyelamatkan Merah Putih, tapi tak sedikit yang menyalahkan karena perlakuannya terhadap Merah Putih.