Thursday, August 20, 2015

Mesra lagi, Inggris kembali Buka Kedutaan di Iran Akhir Pekan ini





Pemerintah Inggris akhir pekan ini berencana akan membuka kembali kedutaan besarnya di Teheran, Iran, setelah hampir empat tahun ditutup pasca penyerangan yang dilakukan oleh massa.



Pembukaan kembali kedutaan besar Inggris di Teheran rencananya akan dilakukan oleh Menteri Luar Negeri Inggris, Philip Hammond, akhir pekan nanti. Hammond akan menjadi Menlu Inggris pertama yang menjejakkan kakinya di Iran dalam 14 tahun terakhir. Demikian seperti disutat laman Independent dari Guardian, Kamis (20/8/2015).



Kunjungan Hammond ini akan disusul oleh sejumlah pejabat tinggi eropa lainnya, seperti Menlu Prancis dan Italia, Wakil Kanselir Jerman, dan Kepala Kebijakan Luar Negeri Uni Eropa.



Dalam kunjungannya ke Iran, Hammond akan ditemani oleh beberapa pebisnis Inggris, termasuk Sir Simon Gass yang sebelumnya mewakili Inggris dalam negosiasi terkait nuklir Iran.



Kedutaan Besar Inggris ditutup pada tahun 2011 setelah gedung itu diserbu oleh massa dari kelompok garis keras yang menolak keputusan Inggris mendukung dijatuhkannya sanksi terhadap Iran. Anggota brigade paramiliter yang dikendalikan oleh militer Iran terlihat ikut dalam demonstrasi tersebut. Para pengunjuk rasa memanjat dinding kedutaan, menjarah, dan membakar bendera Inggris.



Untuk sementara, setelah kembali dibuka, Kedubes Inggris akan dijalankan oleh kuasa usaha Inggris, Ajay Sharma. Dubes Inggris untuk Iran sendiri telah ditunjuk, namun belum bisa diumumkan ke publik.



GUARDIAN | SND