Thursday, July 30, 2015

Puing MH370 Malaysia yang Hilang Ditemukan Jauh hingga ke Madagaskar





Para pejabat transportasi Prancis mengatakan pihak berwenang menyelidiki benda yang tampak sebagai potongan pesawat terbang yang ditemukan di pantai La Reunion, Samudra Hindia.



Penemuan itu sontak memunculkan spekulasi bahwa benda itu kemungkinan adalah bagian dari pesawat Malaysia Airlines MH370 yang hilang tanpa jejak dalam penerbangan dari Kuala Lumpur ke Beijing pada 8 Maret 2014.



Namun para pejabat mengingatkan masih terlalu dini untuk mengaitkan penemuan tersebut dengan MH370.



Benda yang tampak sebagai bagian dari pesawat ditemukan oleh warga yang membersihkan pantai di Pulau La Reunion, wilayah Prancis.



"Benda tertutupi oleh kerang-kerang, jadi sudah berada di air dalam waktu lama," kata seorang saksi mata seperti dikutip kantor berita AFP, Rabu (29/07)



Pejabat Malaysia menyatakan "hampir pasti" potongan pesawat yang baru ditemukan itu berasal dari Boeing 777, namun memperingatkan agar tak terburu mengambil kesimpulan.



Puing sepanjang dua meter itu ditemukan hari Rabu (29/7) di Samudera Hindia di perairan pulau Reunion milik Prancis.



Wakil Menteri Transportasi Malaysia, Abdul Aziz Kaprawi, mengatakan, "hampir bisa dipastikan" bahwa yang ditemukan itu adalah puing Boeing 777.







MH370 adalah satu-satunya pesawat Boeing 777 yang hilang di lautan. Jadi jika puing itu benar Boeing 777, maka dipastikan itu adalah bagian dari MH 370.



Saat lenyap dari radar pada bulan Maret 2014, pesawat itu mengangkut 239 penumpang dan awak.



Para ahli penerbangan yang mempelajari foto-foto puing yang ditemukan mengatakan, memang puing-puing itu mirip dengan flaperon -bagian bergerak dari sayap- Boeing 777.



Lebih dari setahun ini pencarian MH370 yang dipimpin Australia belum menemukan petunjuk mengenai keberadaan pesawat maupun 239 orang yang berada di dalamnya. Sebagian besar penumpang adalah warga negara Cina.



Pencarian dipusatkan di wilayah Samudra Hindia bagian selatan setelah data satelit menunjukkan pesawat Boeing 777 milik maskapai penerbangan Malaysia Airlines tersebut berakhir di sana.



BBC