Friday, July 31, 2015

Mahfud MD: Bisa Bubar Negeri Ini!





Secara ideologis dan idealisme, Pancasila, UUD NRI 1945, Bhineka Tunggal Ika dan NKRI sebagai falsafah dan landasan berbangsa dan bernegara, tak ada masalah. Namun, dalam perjalanannya sudah keluar dan menyimpang, sehingga arah pembangunan bangsa tidak jelas.



Demikian dikemukakan Koordinator Presedium Nasional KAHMI Mahfud MD dalam acara silaturahim Majelis Nasional KAHMI “Merajut Ukhuwah, Memperkuat Persatuan dan Kesatuan serta Meneguhkan NKRI” di Gedung MPR RI Jakarta, Kamis (30/7) malam.



“Kita kehilangan disorientasi, lalu ini bias melahirkan ketidakpercayaan (distrust) yang kuat pada pemerintah. Kalau ini dibiarkan, maka akan melahirkan pemahaman berbangsa dan bernegara yang sempit, pragmatis dan ini yang akan mengantarkan pada desintegrasi bangsa,” kata mantan Ketua MK Mahfud MD itu



Menurut Mahfud, saat ini bangsa Indonesia wajib mengembalikan fitrahnya hingga sejalan dengan ideologi dan idealisme bangsa ini.



"Tapi dalam perjalanannya Indonesia saat ini keluar dari fitrahnya. Banyak terorisme. Kalau situasi ini tidak juga menemukan arah yang jelas, ini sangat mengerikan," kata Mahfud MD, saat memberikan sambutan dalam Silaturahim Idul Fitri Majelis Nasional Kahmi, di Gedung Nusantara IV, kompleks parlemen, Senayan Jakarta, Kamis (30/9).



Mahfud menilai, situasi bangsa yang tidak tentu arah ini sudah berlangsung dalam waktu yang cukup lama. Bila terus dibiarkan, maka masyarakat akan kehilangan kepercayaan dan berlanjut kepada pembangkangan sipil yang muaranya disintegrasi.



"Karena belum disintegrasi, mari kembali ke fitrah. Jangan iya iya saja kembali ke fitrah, tapi yang dijalankan ada kepentingan tertentu dan itu disembunyikan, bisa bubar negeri ini," pungkas mantan Ketua Mahkamah Konstitusi ini.