Monday, July 6, 2015

Error! Jet Tempur Irak Jatuhkan Bom di Baghdad, Tewaskan 9 Sipil





Pesawat tempur Irak tak sengaja menjatuhkan bom di wilayah Baghdad timur, Irak hari ini dikarenakan masalah teknis. Bom pun meledak dan menewaskan setidaknya sembilan warga sipil.



Saat kejadian, jet Sukhoi tersebut baru selesai melancarkan serangan udara terhadap kelompok militan ISIS. Namun salah satu bom macet dan tak bisa dijatuhkan saat operasi berlangsung. Malangnya, bom tersebut baru terlepas dari jet tempur saat dalam perjalanan kembali ke pangkalan.



"Salah satu bom macet dikarenakan masalah teknis, dan saat pesawat kembali ke pangkalan, bom itu jatuh menimpa tiga rumah di Baghdad Jadida," ujar juru bicara keamanan Brigjen Saad Maan dalam statemen seperti dilansir kantor berita AFP, Senin (6/7/2015).



Disebutkan bahwa ledakan yang terjadi di dekat pangkalan udara Rasheed itu juga melukai setidaknya 11 orang.



Angkatan bersenjata Irak menerima sejumlah jet Sukhoi Su-25 dari Rusia tahun lalu sebagai bagian penambahan kekuatan angkatan udara dalam upaya memerangi Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS) yang kini menguasai sebagian wilayah negeri itu.



Sukhoi Su-25 adalah pesawat tempur canggih yang dirancang untuk melakukan serangan terhadap sasaran di darat. Namun, armada Sukhoi milik Irak terdiri dari pesawat-pesawat berusia tua yang digunakan melebihi kapasitas dalam perang melawan ISIS.